Ekspedisi! Ekspedisi! Ekspedisi!

 kata kata itulah yang menyemangati kami setiap hari ketika akan memulai hari, memulai hari demi indonesia, demi negara kami

 tim ekpedisi bukti barisan 2011 Ekspedisi yang diikuti oleh TNI AD dan berkerja sama oleh para peneliti dari universitas terkemuka di indonesia yang terpagi menjadi peneliti flora fauna, kebencanaan, sosial, kehutanan, dan geologi dengan daerah penelitian yaitu sepanjang pegunungan bukit barisan sumatera yaitu meliputi tujuh gunung di antaranya, Leuser (Aceh), Sinabung (Sumatra Utara), Singgalang (Sumatra Barat), Kerinci (Jambi), Seblat (Bengkulu), Dempo (Sumatra Selatan), dan Tanggamus (Lampung)

Kamis 3 maret 2011

cuaca hari tak seperti biasanya, sangat cerah, tak ada awan yang biasanya mengganggu keegoisan matahari,..
tak terasa sudah hari ini adalah hari keberangkatan kami, tim ekspedisi gunung singgalang (sumatera barat)

kembali teringat dalam benak sebulan terakhir ini tak lepas pikiran dari ekspedisi ini
yaitu pra keberangkatan yang melelahkan : pelatihan oleh tentara di situ lembang tempat kopassus berlatih dengan segala peraturannya yang ketat, dengan segala kedisiplinan nya yang tak biasa, dan dengan udara yang dinginnya luar biasa

satu bulan kami dilatih dibimbimbing dan dibina, walau kami adalah warga sipil tapi setidaknya kami harus bisa mengikuti kebiasaan para TNI yang sangatlah berbeda dengan kebiasaan kami para sipil

dari yang paling sederhana saja yaitu misalnya kebiasaan bangun pagi, para TNI sudah biasa tiap hari bangun pukul 5 pagi, lalu mandi pagi dengan dinginnya yang bisa seperti air es, lalu membersihkan sepatunya hingga mengkilap, upacara pagi, dan kemudian lari pagi. Dan itu dilakukan mereka setiap harinya.. Wow!

barang bawaan saya sudah siap di packing di dalam carrier merk Avtec 100 liter dengan matras hitam dan pelastik hitam didalamnya dan kemudiaan barang bawaan untuk satu bulan di lapangan.
hari ini merupakan pengalaman pertama saya menaiki pesawat dan pengalaman pertama saya menaiki pesawat adalah sebuah pesawat yang tidak biasa yaitu sebuah pesawat Hercules 

satu persatu penumpang pesawat mulai menaiki pesawat, dimulai dari para sipil yaitu para peneliti, PMI, pejabat dan termasuk saya, kemudian disusul oleh para tentara yang mungkin sudah biasa menaiki pesawat hercules. Ketika semua nya sudah masuk kedalam, yang telihat adalah seperti pemandangan dalam truk! sangat penuh sesak dan sangat sedikit peralatan safety disana. Yang paling berkesan ketika menaiki pesawat ini adalah ketika akan mengudara dengan suara super bising nya dan getaran nya yang sangat terasa, sangat berbeda dengan menaiki pesawat komersil yang lebih halus.

Keadaan dalam pesawat



Mungkin hanya ini yang bisa saya berikan kepada negara, saya yang masih mencari jati diri, saya yang masih belajar bagaimana cara menghargai diri sendiri.

“BERI aku seribu orang, dan dengan mereka aku akan menggerakkan Gunung Semeru. Beri aku sepuluh pemuda yang membara cintanya kepada Tanah Air, dan aku akan mengguncang dunia.”

Soekarno

’’Jangan tanyakan apa yang Negara berikan kepadamu,tapi tanyakan apa yang kamu berikan kepada negaramu’

John F kennedy