“Pagar Alam”, dari namanya saja sudah tersurat bahwa daerah ini menonjolkan “Alam” nya yang ter “Pagar” dan tersusun rapi menjadi sebuah kota bernuansa alam. Mungkin pemikiran seperti itu yang pertama kali tersirat dalam benak saya ketika mendengar nama “Pagar Alam”.

Kota Pagar Alam adalah salah satu kota di provinsi sumatera selatan yang dibentuk berdasarkan Undang–Undang Nomor 8 Tahun 2001 (Lembaran Negara RI Tahun 2001 Nomor 88, Tambahan Lembaran Negara RI Nomor 4115), sebelumnya Kota Pagar Alam termasuk Kota Administratif dalam lingkungan Kabupaten Lahat. Kota ini memiliki luas sekitar 633,66 km² dengan jumlah penduduk ± 127.706 jiwa (2011) dan memiliki kepadatan penduduk sekitar 248.6 jiwa/km². Kota ini berjarak sekitar 298 km dari Kota Palembang dan juga berjarak sekitar 60 km di sebelah barat daya Kabupaten Lahat. (Wikipedia)


google map



Rambang Dangku – Pagar Alam ,26 oktober 2012


“Hari ini lebaran haji nih, kita jalan jalan yuk mumpung libur dua hari gak kerja”

ucap koordinator lapangan kepada kita para karyawan PT Sooca Energy. Ketika itu saya dan satu orang teman saya sedang bekerja dengan kontrak dua minggu dengan konsultan geologi yang sedang ada proyek dengan PT PLN Batubara di daerah Rambang Dangku, Muara Enim, Sumatera Selatan.

Perjalan dari Rambang Dangku menuju Pagar Alam ternyata lumayan menyita waktu. Kami menggunakan mobil sewaan untuk menuju kesana. Sepanjang perjalanan kami disuguhkan pemandangan yang menurut saya mirip ketika saya pergi menuju kota padang panjang dari kota padang. Lekukan yang tajam, perbukitan tinggi, monyet liar, pepohonan rindang, jurang, menjadi pemandangan yang sering terlihat dari balik kaca mobil.

Saya sempat terheran kok bisa ada kota lumayan besar di atas perbukitan dengan jalan yang berkelok kelok dan rawan longsor, apalagi ketika malam akan sangat berbahaya apabila dilakukan perjalan. Mungkin kalau di daerah sumatera barat sih mirip kelok ampek ampek.


Objek Wisata di Pagar Alam



Air Terjun Cughup Embun

Air Terjun Cughup mangkok

Air Terjun Cughup Mangkok yang katanya untuk yang ingin jodoh bisa kesini

Perkebunan teh di pagar alam dengan latar gunung dempo