Hari ini tanggal 30 agustus 2018,

Saya beserta rombongan (3 orang teman saya mahasiswa KFUPM) memulai perjalanan dari kampus setelah Ashar

Kami menggunakan Uber (salah satu transportasi yang paling murah dibandingkan dengan taksi konvensional di Dhahran) menuju Khobar, tempat hamla ngetem.

Hamla atau travel service menyediakan bus untuk mengantar para warga Khobar yang ingin melakukan perjalanan umroh dengan harga murah. Kali ini saya memilih paket umroh Mekkah Madinah dengan biaya 100 riyal untuk transportasi dari Khobar-Mekkah, lalu Mekkah – Madinah, kemudian Madinah kembali ke Khobar

Cukup murah bukan? Kalau dirupiahkan dengan siklus hari ini agustus 2018 , sekitar 390rb rupiah kita sudah bisa melakukan umroh ke mekkah, dan ziarah ke madinah..

Rata rata penumpang adalah dari India, Pakistan, dan Bangladesh atau sering kita sebut IPB..

Maklum saja dikarenakan kondisi bis yang seadanya, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Dan kenyamanan nya pun seadanya. Untuk warga Saudi biasanya lebih memilih menggunakan Saptco (Sarana transportasi dari pemerintah Saudi berupa bus) atau menggunakan pesawat domestik.

Note : Senenarnya saya sudah memfoto kegiatan pada hari ini, tapi apadaya tidak foto yang saya ambil tidak sengaja terhapus

Bus hamla berangkat dari Khobar pukul 5.30 sore,

Satu kali pemberhentian untuk shalat magrib dan Isya dijamak

satu kali pemberhentian untuk makan malam di mah’am

Pemberhentian di miqat pukul 9.00 untuk mandi dan mengganti ihram serta berniat umroh

Sampai di mekkah pukul 11.00

Kita tidak bisa masuk ke dalam masjidil haram karena jalan sudah ditutup, sehingga kita shalat jumat di luar, menggunakan sajadah dan cari tempat teduh

Tawaf dimulai sekitar pukul 1.30, dilanjutkan dengan sa’i

Ketika sa’i ketujuh shalat ashar di bukit safa

Setelah itu tahalul, makan siang,

Satu porsi 18 sar dibagi dua

Mandi jam 5-5.30

Kemudian maghrib di haram sekalian Isya

Beres Isya langsung menuju hamla p arkir

Sampai pukul 10.00

Hari yang melelahkan,

Perjalanan dilanjutkan, hamla menuju madinah